Updated : Sep 07, 2022 in Uncategorized

5 Tips Beli Motor Listrik

Motor listrik kini menjadi idola dalam dunia otomotif. Pasalnya dengan dinamika wacana kenaikan bensin subsidi sudah membuat masyarakat khawatir cenderung panik sehingga dampaknya sangat sulit mendapatkan BBM bersubsidi di beberapa SPBU.

Walhasil, masyarakat akhirnya mulai banyak yang melirik kendaraan alternatif yang lebih ramah lingkungan serta tidak perlu bensin yaitu motor listrik. Sayangnya harga motor listrik yang cukup bagus memang tidak murah, untungnya ada beberapa skema kredit cepat yang ditawarkan oleh beberapa lembaga keuangan. Malahan kamu juga bisa transaksi lewat ecommerce atau marketplace sehingga lebih memudahkan. 

Lalu seperti apa sih tips membeli motor listrik yang benar? Apa saja aspek yang harus dipertimbangkan sebelum membeli motor listrik? Berikut panduan dengan ulasan ringkasnya. 

1. Hitung Jarak Penggunaan Harian

Penggunaan motor listrik bisa disesuaikan dengan kondisi riding harian. Sehingga jarak tempuh motor listrik harus dihitung karena harus disesuaikan dengan jangkauan yang bisa ditempuh oleh motor listrik. Hal ini akan sangat bergantung pada kekuatan baterainya. 

Sepeda motor listrik rata-rata sudah bisa menempuh perjalanan antara 40km sampai dengan 50km. Dengan kemampuan ini, tentu harus disesuaikan dengan jarak tempuh. JIka motor listrik akan digunakan untuk riding ke kantor setiap hari, maka perlu disesuaikan dengan jangkauannya agar tidak perlu menggunakan charging saat di kantor.

Selain itu, ada beberapa tipe motor yang memberikan skema swap baterai. Beberapa titik poin penukaran baterai pada umumnya sudah tersedia di kota-kota besar terutama di Jabodetabek, hingga saat ini. Opsi tersebut tentu akan memberikan kemudahan dalam mengatasi jarak tempuh karena bisa dilakukan penukaran baterai di tengah perjalanan. 

2. Sesuaikan dengan Bujet dan Kebutuhan

Beberapa sepeda motor listrik memang punya harga yang hampir mirip dengan sepeda motor bensin. Sebut saja seperti Alva One, motor listrik yang baru saja diluncurkan saat pameran di GIIAS 2022 cukup mampu menyedot perhatian masyarakat. 

Namun, harganya pun terbilang cukup tinggi dan mampu bersaing dengan sepeda motor lain seperti Yamaha Nmax hingga Honda PCX. Alva One dijual dengan harga Rp34.9 jutaan. Kemampuan jarak tempuhnya diklaim bisa hingga 70 km.

Jika dirasa masih terlalu tinggi, cukup banyak pilihan motor listrik lain seperti Selis, Pacific, Ecgo, Smoot Tempur hingga Minerva Electric yang dijual kurang dari Rp20 jutaan. Namun memang spesifikasinya berbeda dengan yang ditawarkan oleh motor-motor listrik yang harganya di atas Rp20 jutaan.   

3. Sesuaikan dengan Medan Jalan

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah medan jalan. Jika motor digunakan untuk medan jalan perkotaan, maka beberapa motor listrik yang ada hampir seluruhnya memenuhi kebutuhan tersebut. Karena medan perkotaan tidak terlalu menantang dan punya track lurus dan mendatar.

Berbeda jika medan jalan di daerah-daerah seperti Bogor hingga Depok yang berkelok dan menanjak, maka pastikan kekuatan dinamonya paling tidak minimal 1.500 watt sehingga motor listrik bisa kuat digunakan di medan jalan yang berat apalagi jika ditambah dengan beban yang berat. 

Oleh karena itu, semakin berat medan jalannya, semakin besar juga spesifikasi dinamo hingga baterai yang diperlukan. Inilah mengapa saat membeli motor listrik harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi riding harian. 

4. Lakukan Uji Coba

Supaya tidak kaget, baiknya lakukan dulu uji coba atau tes drive. Pasalnya cara kerja gas motor bensin dan motor listrik agak berbeda. Selain itu, untuk keamanan, biasanya motor listrik tidak bisa digas jika tuas rem di tekan. Hal tersebut akan mengubah kebiasaan pengguna motor bensin yang beralih ke motor listrik.

Torsi motor listik yang cukup besar juga kadang-kadang membuat kaget saat membetot gas pertama kali. Jadi, gas motor listrik memang harus ditarik secara perlahan sehingga tidak membuat kaget atau menyentak saat mulai dijalankan. 

5. Manfaatkan Kredit Cepat Bunga Rendah

Membeli motor listrik kini kemudahan yang diberikan adalah tersedia di marketplace maupun ecommerce. Malahan jika membeli secara online, kamu berkesempatan mendapatkan cashback beragam hingga Rp500 ribuan.

Selain itu, kamu juga bisa mencicil motor listrik dengan pilihan tenor 6 hingga 12 bulan dari Kredivo dengan bunga yang rendah hanya 2,6% saja per bulan. Namun, pastikan bahwa limit kamu cukup yaa. Bagi member premium bisa mendapatkan limit pinjaman hingga Rp30 juta. Jadi, untuk motor listrik dibawah Rp30 juta masih bisa kamu cicil menggunakan Kredivo

Jika ingin cicil dalam waktu 3 bulan aja, kamu malah tidak perlu bayar bunganya. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3% dari harga total barang. Jika harga motor listriknya Rp16 juta, jadi biaya adminnya kisaran Rp480 ribuan saja. Nah, sisanya bisa kamu cicil deh selama 3 bulan dengan jumlah sekitar Rp5.3 jutaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.