Updated : Oct 11, 2021 in Informasi

Khasiat Doa Nabi Yunus

Keagungan Doa Nabi Yunus Ketika Berada di Perut Ikan Paus

Pada hakikatnya, Allah subhana wa Ta’ala telah memerintahkan utusan atau rasul-Nya untuk menyampaikan wahyu. Para utusan Allah itu memiliki sifat-sifat yang wajib ada pada diri mereka. Karena bagaimanapun para Nabi dan Rasul sebagai laki-laki pilihan Allah dan menjadi suri tauladan bagi umat manusia.

Allah subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS. Al-Ahzab : 21).

Selain sebagai suri tauladan yang baik, para Nabi juga bisa menjadi contoh dalam berdoa kepada Allah Subhana wa Ta’ala.

Dari sekian banyak doa para Nabi, salah satunya adalah doa Nabi Yunusyang memiliki khasiat yang luar biasa. Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus.

Kisah Nabi Yunus

Ketika sedang menjalankan dakwahnya, Nabi Yunus menerima cobaan dari Allah subhana wa Ta’ala. Dimana, Nabi Yunus ditelan ikan paus dan terkurung hidup-hidup di dalam perut ikan raksasa selama beberapa hari.

Dalam kondisi yang sangat mencekam dan genting itu, ia menyadari bahwa tidak ada yang bisa menyelamatkan dirinya kecuali Allah subhana wa Ta’ala. Lalu doa Nabi Yunus pun memanjatkan doa yang berbunyi :

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, inni kuntu minadz dzaalimiin.

Artinya : “Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan yang yang zalim.”

Selama 40 hari di dalam perut ikan Nabi Yunus tanpa henti-henti untuk meminta ampunan dari Allah. Karena kesungguhannya, akhirnya Allah mengabulkan doa Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari perut ikan tersebut.

Manfaat Doa Nabi Yunus

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa doa Nabi Yunus memiliki manfaat yang cukup dahsyat. Sehingga tidak heran kalau banyak ulama yang mengamalkan doa Dzun Nun ini. Lalu apa saja manfaat doa Nabi Yunus? Berikut beberapa manfaat doa Nabi Yunus :

  • Keinginannya Dikabulkan Allah

Bagi seorang Muslim yang memanjatkan doa Nabi Yunus ini niscaya keinginannya akan dikabulkan oleh Allah Azza wa Jalla. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah : Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, inni kuntu minadz dzaalimiin.

Artinya : “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan yang zalim.” Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. At-Tirimidzi).

Dari Sa’din ia berkata; Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda : “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah : laa ilaaha illaa anta subhanaka innii kuntu minazh zhaalimiin (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya).

Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi) (No. 3505 Maktabatu Al Maarif Riyadh) Shahih.

  • Mendapat Ampunan Dari Allah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa doa Nabi Yunus berisi taubat dan permintaan ampunan kepada Allah subhana wa Ta’ala atas semua kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Jadi, dengan membaca doa ini niscaya Allah Ta’ala akan menerima taubat umat Muslim, selama dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *