Updated : Oct 04, 2021 in Informasi

Pentingnya Membaca Niat Mandi Wajib

10 Potret Shower Ini Bikin Ngakak yang Mau Mandi, kok Begini?

            Bagi umat muslim istilah mandi wajib merupakan istilah yang cukup sering didengar karena mandi wajib ini merupakan hal sering dan wajib dilakukan oleh umat muslim baik laki-laki maupun wanita yang ingin mensucikan dirinya dari hadas besar agar bisa kembali melaksanakan ibadah seperti biasanya.

            Kegiatan mandi wajib ini menjadi salah satu kegiatan yang cukup penting karena mandi wajib ini merupakan salah satu rukun yang harus dilakukan oleh umat muslim yang ingin kembali melaksanakn ibadah hariannya. Karena jika mandi wajib ini tidak dilakukan maka ibadah yang dialakukan kedepannya pun akan bernilai sia-sia.

            Untuk itu sebaiknya sebagai umat muslim yang baik kita perlu mengetahui bagaimana tahapan-tahapan yang dilakukan saat hendak melaksanakan mandi wajib. Hal-hal yang biasanya harus diperhatikan diawal yaitu pembacaan niat mandi wajib karena dengan membaca niat mandi wajib ini berarti kita sudah mengikuti tata cara mandi wajib yang sesuai aturan.

            Seperti yang sudah dijelaskan dalam aturan-aturan melaksanakan mandi wajib bahwa membaca niat merupakan sesuatu yang diwajibkan. Membaca niat juga merupakan salah satu syarat dianggap sah nya mandi wajib tersbeut. Sehingga menurut beberapa ulama jika seseorang melewatkan membaca niat mandi wajib sebelum melaksanakannya maka mandi wajibnya dianggap tidak sah.

            Demi menghindari hal-hal seperti itu maka penting bagi kita umat muslim untuk mengetahui bacaan niat mandi wajib sesuai dengan kebutuhan mandi wajibnya, sebagai berikut ini.

  • Niat melaksanakan mandi wajib yang umum

“Nawaitul ghusla liraf ‘il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’aala
Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu kerena Allah ta’ala.”

  • Niat melaksanakan mandi wajib bagi orang yang telah melewati masa haid

Nawaitul ghusla liraf’i hadatsil haidil lillahi Ta’aala.
Artinya:” Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

  • Niat melaksanakan mandi wajib bagi orang yang telah melewati masa nifas

“Nawaitul ghusla liraf’i hadatsin nifaasi lillahi Ta’aala.

Artinya: “Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’alla”

            Bacaan niat diatas merupakan bacaan niat yang bisa kita bacakan atau lafalkan sebelum memulai pelaksanaan mandi wajib. Dengan membaca niat tersebut semoga saja hal itu dapat menyempurnakan langkah-langkah kita dalam mensucikan diri.

            Bagi anda yang terkendala dalam menghafal ataupun membaca niat dalam bahasa arab maka anda juga bisa membaca niat tersebut dengan bahasa yang anda pahami karena Allah akan tetap mengerti meskipun itu bukan menggunakan bahasa Arab, karena biar bagaimanapun Allah melihat usaha kita sebagai hambaNya dalam menyempurnakan ibadahnya.

            Anda bisa belajar menghafal bacaan niat mandi wajib ini sedikit demi sedikit sehingga lama-kelamaan anda pun bisa melafalkan dengan bacaan sesungguhnya. Jika anda mengawali segala bentuk ibadah dengan niatan yang sempurna maka InsyaAllah nilai ibadah anda dimata Allah SWT pun akan bertambah.

            Setelah membaca bacaan niat tersebut barulah anda bisa mulai ke pelaksanaan mandi wajibnya. Tujuan penekananan diawal tentang pentingnya membaca niatan ini yaitu agar kita sadar betul terhadap apa yang sedang kita kerjakan dan juga dengan membaca niat tersebut kita sejak awal memohon keridhoan Allah agar Allah menerima bentuk ibadah yang kita lakukan.

            Meskipun terlihat kecil tetapi kenyataannya niatan awal yang baik makan akan menuntun kita kedalam hal yang baik pula. Itulah kenapa pengucapan niat di awal dianggap menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *