Updated : Aug 18, 2021 in Ibu dan Anak

5 Rasul Ulul Azmi Yang Bisa Diperkenalkan Pada Anak

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnya

Jika biasanya ibu mengenalkan 25 nama nabi pada sang buah hati, namun ternyata ada juga nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi yang juga perlu diperkenalkan pada anak.

Secara bahasa, kata Ulul Azmi ini berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu “Ulul” dan “Azmi”. Kata “Ulul” atau “Uli” artinya memiliki atau mempunyai. Sementara kata “Azmi” artinya tekad atau keteguhan hati yang kuat.

Jadi, ketika dua kata tersebut digabungkan maka akan menjadi Ulul Azmi. Seorang nabi dan rasul yang diberi gelar Ulul Azmi oleh Allah SWT artinya seorang utusan yang memiliki ketabahan, kesabaran, dan keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya, meski menghadapi berbagai rintangan dari kaumnya.

Lantas, para rasul yang bergelar Ulul Azmi itu siapa saja? Berikut dibawah ini 5 rasul Ulul Azmi yang bisa diperkenalkan pada anak :

  • Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS memiliki ketabahan dan kesabaran dalam berdakwah, bahkan ketika beliau mendapat tentangan dari keluarganya sendiri. Banyak juga umatnya yang mengingkarinya, termasuk istri dan anaknya yang bernama kan’an. Tidak hanya mengingkari, banyak dari mereka juga yang berniat ingin membunuh beliau namun akhirnya gagal. Meski begitu, Nabi Nuh tetap berdakwah hingga akhirnya Allah SWT memberi wahyu berupa kemampuan untuk membuat perahu besar.

  • Nabi Ibrahim AS

Ada banyak kisah motivasi terkait ketauhidan dari bapak Nabi Ismail ini. Salah satunya adalah ketika dirinya menentang ayahnya yang bernama Azar, seorang pembuat patung berhala yang terkenal kala itu.

Nabi Ibrahim diutus di daerah Irak yang dikenal dengan penguasanya yang sewenang – wenang, yaitu Raja Namrud. Meski begitu Nabi Ibrahim tetap mengajak orang – orang untuk beriman kepada Allah SWT dan meninggalkan berhala.

Meski orang – orang tetap menolaknya, namun beliau tidak pernah putus asa dan memanfaatkan kecerdasannya untuk menghadapi raja dan pengikutnya. Kemudian Nabi Ibrahim menghancurkan patung – patung berhala ketika Raja Namrud sedang pergi untuk mengadakan upacara.

  • Nabi Musa AS

Nabi Musa AS juga mendapatkan gelar Ulul Azmi karena kesabarannya yang luar biasa dalam menghadapi Bani Israil. Kaum tersebut dikenal sebagai kaum yang suka membangkan aturan – aturan dari Allah SWT. Selain itu, Nabi Musa juga menghadapi Raja Fir’aun yang dikenal sebagai raja yang mengaku dirinya sebagai Tuhan.

Fir’aun yang mengaku dirinya sebagai Tuhan, merasa cemas terhadap keberadaan Nabi Musa yang menentang dan dianggap akan membayahakan kedudukannya sebagai raja. Fir’aun kemudian menantang adu kekuatan pada Nabi Musa namun akhirnya kalah, salah satunya karena mukjizat tongkat pemberian Allah SWT.

  • Nabi Isa As

Nabi Isa AS bahkan menerima mukjizat pertama sebelum beliau dilahirkan. Dengan kuasa Allah SWT, Nabi Isa dilahirkan tanpa seorang ayah. Padahal ibunya yang bernama Maryam dikenal sebagai perempuan yang taat beribadah dan shalihah.

Ketika dewasa, beliau diangkat untuk berdakwah dan mengajarkan tauhid kepada kaumnya. Sama dengan rasul Ulul Azmi lainnya, umat Nabi Isa juga banyak yang mencaci dan menghinanya. Namun beliau tetap sabar dan tabah untuk menjalankan amanah dari Allah SWT.

  • Nabi Muhammad SAW

Sejarah Islam sudah mencatat banyak terkait kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi hinaan dan cacian kaum Quraisy yang menentang ajarannya. Beliau dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang jujur dan bisa dipercaya yang akhirnya diberi julukan al-Amiin. Pada usia 40 tahun, Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi seorang rasul.

Beliau juga mendapat tentangan keras dari keluarganya seperti Abu Lahab, Abu Jahal, Abu Sufyan, serta para pemimpin dan pemuka agam kaum Quraisy kala itu.

Bertahun – tahun lamanya Nabi Muhammad SAW berdakwah bersama para sahabatnya. Tidak sedikit cacian, hinaan, hingga ancaman pembunuhan mereka dapatkan.

Jangan lupa, kenalkan 5 rasul Ulul Azmi diatas pada si kecil !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *