Updated : Nov 09, 2020 in Informasi

Bantuan Pemerintah untuk Anak Muda

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online | Lengkap dengan Syarat & Langkah

Pemerintah sedang berupaya membantu kalangan muda ditengah pandemi ini. Mereka yang dibantu adalah yang memiliki usaha kecil, anak muda, dan yang terkena dampak dari pandemi. Menjajdi hak kita sebagai warga negara untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Berikut beberapa bantuan dari pemerintah untuk anak muda.

  1. Prakerja

Prakerja atau Kartu Prakerja ini adalah program untuk mengembangkan kompetensi yang berupa bantuan biaya untuk para pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.  Dana yang akan kamu dapatkan jika kamu mengikuti program kartu prakerja adalah sebesar Rp3.550.000, dana ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan dan insentif survey kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survey untuk tiga kali survey atau total Rp150.000 per peserta. Program kartu prakerja ini hanya dapat kamu ikuti selama satu kali. Sementara untuk insentif akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan saja. Untuk pelatihannya kamu bisa ikut berbagai macam jenis pelatihan di berbagai macam platform yang menjajdi perantara antara lembaga pelatihan dan pencari kerja, seperti Tokopedia, Bukalapak, Skill by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. 

Bagi kamu yang ingin mengikuti kartu prakerja, berikut adalah cara daftar kartu prakerja online.

  1. Masuk pada web https://www.prakerja.go.id/, kemudian pilih "Daftar Sekarang". 
  2. Masukan alamat email kamu yang masih aktif dan kata sandi pada akun Prakerja. 
  3. Setelah registrasi, akun kamu akan diverifikasi terlebih dahulu. Email verifikasi akan dikirim ke alamat email yang didaftar pada akun Prakerja. 
  4. Setelah akun diverifikasi, masuk dan login pada akun kamu. 
  5. Isi nomor KTP, nomor Kartu keluarga, dan tanggal lahir. 
  6. Selanjutnya isi data diri dengan benar dan jelas, serta unggah KTP.
  7. Isi nomor ponsel kamu yang masih aktif. Kode OTP akan dikirim pada nomor tersebut untuk proses verifikasi. 
  8. Mengisi Pernyataan Pendaftar. Jika sudah selesai pilih "Oke".
  9. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. 
  10. Setelah kamu selesai mengerjakan tes, pilih gelombang yang sedang dibuka lalu klik "Gabung".

Pastikan kamu terus melihat akun social media dari program prakerja ini ya agar tidak ketinggalan berita dan tahu tentang infonya.

  1. UMKM

Bantuan ini adalah bantuan yang menyasar pelaku usaha mikro dan kerja online terdampak Covid-19. Di masa pandemi Corona yang sudah berlangsung lebih dari delapan bulan ini, pemerintah telah mengeluarkan banyak dana kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sosial berupa uang ataupun bahan pokok yang sering kita sebut sebagai bansos. Bantuan dari pemerintah sendiri ada yang rumah tangga hingga untuk pelaku UMKM yang terdampak. Dan untuk UMKM, pemerintah telah menyediakan bantuan UMKM yang terdampak covid-19 sebesar Rp 2,4 juta. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, para pelaku UMKM harus mendaftarkan diri via online. Untuk mengetahui persyaratan yang ditetapkan, kamu bisa mengecek melalui laman depkop.go.id.

Berikut syarat mendapatkan bantuan UMKM online senilai Rp 2,4 juta:

1. Warga Negara Indonesia

2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Memiliki Usaha Mikro

4. Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD

5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Untuk mengecek kamu menerima bantuan ini atau tidak, kamu dapat mengecek melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *