Updated : Oct 14, 2020 in Kesehatan

Cara Simple yang Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Mulut

5 Tips Kurangi Bau Mulut Saat Puasa, Harus Kamu Coba!

Selain wajah, tentunya aroma dari mulut juga sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Ya, percuma saja memiliki paras yang cantik atau ganteng, namun mulutnya selalu mengeluarkan bau tak sedap saat berbicara. Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan bau mulut? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut di bawah ini ada beberapa cara simple yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut.

1. Minum Air Putih

Cara simple pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut, yakni dengan meminum air putih. Pasalnya, salah satu faktor yang menjadi penyebab dari timbulnya bau mulut ini dikarenakan sedikitnya produksi air liur Hasilnya, kekurangan air liur akan mempengaruhi kebersihan mulut sehingga muncul masalah bau mulut. Nah, jika mulut terasa kering dan mengeluarkan aroma tak sedap, segera minum air putih sebanyak mungkin. 

2. Menyikat Gigi

Selain minum air putih, menyikat gigi juga merupakan salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk mengusir bau tak sedap pada mulut. Namun, dalam kegiatan menyikat gigi tidak boleh dilakukan asal-asalan lho. Dalam hal ini, hindari menyikat gigi yang terlalu keras karena bisa mengikis enamel gigi. Tak hanya itu, sebaiknya ganti sikat gigimu setiap 3 – 4 bulan sekali. Soalnya, bulu sikat yang semakin menipis itu tidak efektif dalam membersihkan gigi dari plak maupun sisa makanan. Masih belum habis, disarankan juga bagi kamu untuk menyikat gigi sebanyak 2 kali di pagi dan malam hari, atau minimalnya 1 kali dalam sehari. 

3. Mem-Flossing Gigi

Flossing merupakan salah satu teknik membersihkan sela-sela gigi yang menggunakan benang gigi. Ya, benda ini dapat membantu dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela gigi, maupun yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Jika kamu melakukan flossing secara rutin dan benar, maka kamu akan terhindar dari masalah bau mulut. Namun, kamu tidak boleh menarik benangnya terlalu kencang karena bisa melukai gusi. 

4. Menggunakan Obat Kumur

Ada banyak sekali merk obat kumur yang tersedia dipasaran, entah itu di warung, minimarket, apotik, bahkan di onlineshop. Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih produk obat kumur dengan merk ternama agar kualitas dan keamanannya terjamin. Disarankan juga untuk tidak memilih obat kumur yang mengandung alcohol, karena dapat membuat mulut menjadi kering sehingga akan memperparah bau mulut. Tak hanya itu, gunakan obat kumur yang sesuai dengan dosisnya. 

5. Bersihkan Bagian Lidah

Selain sisa makanan yang menyangkut di sela gigi, plak dan bakteri yang menempel di lidah juga merupakan pemicu timbulnya masalah bau mulut. Apabila plak dan bakteri tersebut dibiarkan, maka jangan heran jika bau mulutmu akan semakin memburuk. Namun, untuk membesihkan lidah tidak hanya cukup dengan obat kumur saja lho. Lalu, bagaimana cara yang tepat dalam membersihkan lidah? Dalam hal ini, kamu hanya perlu menggosok bagian lidah dengan menggunakan sikat gigi, lalu kumur-kumur dengan air bersih. 

6. Kumur Dengan Soda Kue

Cara simple berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah bau mulut, yakni berkumur dengan soda kue. Berdasarkan dari hasil penelitian, soda kue memilki sifat antibakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut. Mengenai caranya, siapkan 2 sendok teh soda kue lalu larutkan dalam segelas air hangat.Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur selama 30 detik, kemudian muntahkan kembali. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *