Updated : May 12, 2020 in Otomotif

3 Cara Benar Menyetir Mobil Matic

Sekarang ini mobil matic semakin digemari dikalangan masyarakat, pasalnya pengoperasian mobil matic lebih simple dan mudah sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Tetapi jika kamu sudah terbiasa mengendarai mobil manual pastinya akan merasa bingung pada saat akan mengendarai mobil matic. Kamu akan merasa bingung tentang cara mengemudikan mobil matic, pasalnya pada sisi pedal mobil matic hanya terdapat pada dua pedal, sedangkan pada mobil manual hanya menggunakan 3 pedal. Meski begitu didalam kenyataannya banyaknya masyarakat terlebih yang tinggal di perkotaan lebih menyukai mengendarai mobil matic,pasalnya mobil matic dinilai lebih mudah untuk digunakan didalam kondisi jalan yang macet. Sehingga tidak sedikit orang akan mulai belajar menyetir mobil matic

Lalu bagaimana cara mengendarai mobil matic yang benar? Berikut 3 cara benar menyetir mobil matic diantaranya yaitu : 

  1. Cara Benar Menghidupkan Mesin 

Pada saat kamu akan menghidupkan mesin mobil bertransmisi matic, maka sebelumnya pastikan jika tuas mobil sudah berada dalam posisi P. Hal tersebut sebagai indikasi jika mobil dalam keadaan terparkir atau terhenti. Yang perlu diketahui adalah jika mesin mobil yang menggunakan transmisi matic hanya bisa menyala pada saat posisi tuasnya berada dalam posisi P atau N (Netral).

  1. Cara Benar Menggunakan Rem Dan Gas 

Pada saat mobil akan mulai dijalankan pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah menekan rem nya. Jika tuasnya kamu geser dari posisi P ke R atau N ke D maka sebaiknya kamu menekan sedikit rem didalam penggeseran tuas tersebut. Hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadinya gesekan antara komponen sehingga dapat dinetralisirnya keausan mesin. 

  1. Cara Benar Menjalankan Mobil 

Jika mobil akan kamu jalankan maju maka pastikan tuasnya berada dalam posisi D atau Drive, sedangkan jika akan dijalankan mundur maka tuasnya berada dalam posisi R atau Return. Jika kamu baru pertama kali belajar mengendarai mobil matic, maka mobil sebaiknya dijalankan dalam kecepatan sedang mulai dari 20 hingga 30 Km/jam supaya dapat terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. 

Tetapi jika kamu ingin menambah kecepatannya maka cobalah untuk mulai menggeser tuas D1 ke D2 atau D3 sesuai dengan kecepatan yang kamu inginkan. Sedangkan jika mobil akan dibawa melintasi tanjakan yang tingginya sedang, maka gunakanlah mode D. Tetapi jika akan melintasi tanjakan yang cukup tinggi maka cobalah menggunakan tuas transmisi pada posisi L. Pada saat kamu menggeser tuas tersebut, maka pastikan pedal remnya diinjak supaya dapat dinetralisir gesekan antar mesinnya. 

Didalam kondisi jalan yang macet untuk mengendarai mobil matic ini juga bisa dibilang lebih mudah dan lebih sederhana jika dibandingkan mobil manual. Hal tersebutlah yang menjadikan mobil matic ini diidolakan masyarakat perkotaan yang sudah terbiasa dengan kondisi jalanan yang macet. Cara benar mengemudikan mobil matic dijalanan yang macet adalah dengan hanya perlu menahan remnya saja supaya mobil akan terhenti selama beberapa detik. 

Sedangkan jika mobil matic tersebut akan digunakan pada kondisi jalan yang menurun, sebenarnya akan sama dengan mengendarai mobil manual. Hanya saja pada mobil matic ini harus menggunakan bantuan rem L yang lebih banyak.

Yang perlu kamu ketahui adalah untuk mengendarai mobil matic ini sebenarnya gampang gampang susah. Sehingga pada saat akan belajar mengendarai mobil matic sebaiknya didampingi oleh seseorang yang telah berpengalaman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *